Pantai Klara Lampung, Pantai Indah Sahabat Anak-Anak



Alhamdulillah, akhirnya bisa menulis lagi secara perdana di bulan pertama di Tahun 2011. Setelah berjibaku dengan kerjaan yang sangat padat dan menyita energi luar biasa di Bulan Nopember. kesempatan cuti akhirnya tiba di Desember, secara kebetulan waktunya bertepatan dengan moment tahun baru. Lampung akhirnya terpilih kembali menjadi tujuan andalan, selain mengunjungi kakak yang berdomisili disana, sekaligus menikmati kemolekan alam Lampung.

Lampung sangat kaya akan pantai-pantainya yang indah, sebut saja Pantai Pasir Putih, Selaki, dan Mutun yang sudah tersohor, atau ingin menikmati pantai alami dengan gerombolan Lumba-Lumba liar, Kiluan jagoannya. Hanya saja untuk menuju Pantai Kiluan membutuhkan perjuangan ekstra. Maklum saja, infrastruktur menuju kesana masih dalam kondisi hmmmm... (gatau sekarang ya..) Apalagi bagi yang membawa keluarga dan anak-anak, bakal melelahkan. Akan tetapi bagi backpacker sejati, worthed banget...

Moment tahun baru, pergi ke Mutun??? prediksi ternyata benar, padat merayap.. hikz... kemacetan mengular... walhasil setiba di pintu masuk jalan menuju Pantai Mutun, sontak kami memutar otak mencari alternatif. Mobil tidak jadi dibelokkan, melainkan melenggang mulus lurus di jalan yang tidak macet lagi. Pantai Klara diputuskan untuk dikunjungi. sepanjang jalan disuguhi pemandangan alami khas Pulau Sumatera, kebun kelapa dimana-mana dan tambak udang. Jalanannya mulus dan dalam kondisi baik, cuma saja hanya cukup dilalui dua mobil sedang dalam arah berlawanan. Rute jalan yang berkelok-kelok dan naik-turun harus menjadi perhatian utama bagi para supir, mereka harus kondisi fit, tidak mengantuk, dan harus selalu waspada.



Melewati gerbang pangkalan TNI AL dan dermaga di sekitar Padang Cermin (lihat gambar), kita harus bersiap-siap tiba di lokasi. Ternyata kita disambut oleh pantai indah yang pertama, Klara II namanya wkakaka.... ternyata bukan itu yang dituju, mobil tetap melenggang di jalan, setelah beberapa ratus meter, tibalah di pantai yang dimaksud. Pantai Klara, mobil dibelokkan, disambut dengan petugas loket. Setiap mobil dikenakan tiket masuk Rp. 25.000 tanpa memperhitungkan jumlah penumpang. Jelas lebih murah dari pantai-pantai yang lain.

Akhirnya saya menemukan esensi kenapa dinamakan Pantai Klara. Kata Klara berasal dari kepanjangan Kelapa Rapet, karena di sepanjang pantai pohon kelapa berbaris secara rapat. so, kita kudu hati-hati memarkir mobil, jangan sampai mobil mulus anda penyok-penyok kejatuhan kelapa xixixixi...


Tanpa tedeng aling-aling buka baju langsung menceburkan diri di pantai yang airnya sangat jernih. Berikut ini saya sampaikan keunggulan dari Pantai Klara:
1. memiliki pasir yang sangat halus dan putih bersih dan bebas krikil.
2. Ini yang paling penting, Pantai Klara sangat bersahabat bagi anak kecil. Bayangkan saja, ombaknya lembut dan kedalamannya sangat landai hingga beberapa ratus meter. Aman... + bebas padang lamun.
3. Kita disajikan pemandangan pulau-pulau yang berjejer indah mirip dengan gugusan pulau di Raja Ampat.
4. Tarif-tarif fasilitas tambahan masuk akal, sewa gubuk 25 rb sepuasnya, sewa kano 15rb/jam, naik perahu, kl tidak salah dibawah 10 rb /orang, dll


Tidak adil dong kalau tidak menyebutkan kekurangannya, antara lain:
1. Pemandian, jumlahnya masih minim. Kalau tidak tahan mengantri kedinginan, sebaiknya bawa segalon air bilas kekekeke
2. kalau sudah air pasang / sore hari. kita tidak bisa bermain di pasir yang putih, alias sudah tertutup air.
3. Bagi yang kehabisan bensin, dijamin tidak menemukan pom bensin untuk premium, so... pastikan bensin cukup... bagi pengguna mobil diesel, ada satu pom bensin yang hanya menjual Solar (SPBU AKR, xixixixi baru denger kan??? )

Secara garis besar, Pantai Klara mumpuni sebagai alternatif dari Pantai Mutun, walaupun harus menempuh beberapa km lagi dari Pantai Mutun. Alhamdulillah setelah menghirup banyak oksigen di pantai yang indah, tubuh terasa lebih fresh kembali ke Jakarta.






























2 comments:

Pulau Tidung said...

keindahan akan pantai klara di lampung memang sudah menjadi sebut, selain banyak pengunjung keunikan di pantai klara lampung memang menjadi pembeda dari pantai lainnya.

Kemana Angin Berhembus said...

Terimakasih atas komentarnya... memang benar Pantai Klara cukup berbeda dengan yang lain..

Post a Comment